Minggu, 06 November 2016

SNIFFING

Sniffing….
Latar Belakang
                Pada zaman yang semakin modern ini, banyak sekali orang yang menggunakan jaringan internet untuk bertukar data maupun untuk hal yang lainnya. Dengan seiring nya perkembangan zaman pada saat ini, kebutuhan jaringan internet sangat beragam. Namun, tidak sedikit orang yang perduli dengan keamanan jaringan yang mereka gunakan. Sehingga memberikan celah luas untuk orang yang tidak bertanggung jawab, untuk mempergunakannya. Salah satu contohnya yaitu ada juga orang yang mengakses internet dengan cara yang kurang baik seperti dengan melakukan sniffing. Sniffing merupakan suatu cara untuk melakukan intercepting jaringan. Jadi, orang yang melakukan sniffing akan mudah masuk kedalam jalur dimana terdapat paket data seseorang yang terkoneksi dengan jaringan data. Paket data tersebut akan dilintasi atau dilalui oleh peretas (orang yang melakukan sniffing). Melalui jalur ini hak akses target dapat diketahui oleh peretas. Dan peretas dapat dengan mudah menggunakan hak akses target.
Pembahasan
APA ITU SNIFFING ???
            Sniffing adalah kegiatan penyadapan pada lintas data di jaringan computer dengan membaca paket IP dari node 1 ke node lainnya. Metode yang dipakai dalam melakukan sniffing adalah metode intercepting, dimana jaringan peretas akan masuk ke dalam jalur paket data target yang dilalui.
Data yang melintas dalam jaringan tersebut mengalir secara bolak-balik dan akan ditangkap dengan menggunakan sniffing yang terkadang menguraikan isi dari request for comment atau spesifikasi lainnya. Apabila dilihat dari struktur jaringannya, salah satu pihak dapat menyadap keseluruhan atau salah satu dari pembagian lalu lintas dari salah satu mesin dalam jaringan. Perangkat pengendali jaringan dapat juga diatur oleh aplikasi atau tool penyadap untuk bekerja secara acak atau random.
Sniffer adalah sebuah device penyadapan komunikasi jaringan komputer dengan memanfaatkan mode premicious pada ethernet. Karena jaringan komunikasi komputer terdiri dari data biner acak maka sniffer ini biasanya memiliki penganalisis protokol sehingga data biner acak dapat dipecahkan. Fungsi sniffer bagi pengelola bisa untuk pemeliharaan jaringan, bagi orang luar bisa untuk menjebol sistem. Cara paling mudah untuk mengantisipasi Sniffer adalah menggunakan aplikasi yang secure, misal : ssh, ssl, secureftp dan lain-lain.

Contoh :
Misalkan, Wifi yang berada dikampus memiliki dua pengguna yaitu dosen dan mahasiswa. Disini mahasiswa berperan sebagai sniffer dengan menggunakan sniffing. Ketika dosen menggunakan hotspot wifi kampus, maka dosen akan menaruh paket data ke dalam jaringan wifi berupa user, password, form yang berisikan methot post ataupun get dan spesifikasi lainnya. Kemudian sniffing akan menangkap data-data tersebut sehingga sniffer akan mengetahui isi data atau jalur lintas yang dilalui oleh paket data dosen dalam jaringan wifi kampus. Data-data tersebut akan dimanipulasi oleh mahasiswa untuk login hotspot dengan menggunakan akun dosen. Strukturnya bisa kita lihat seperti gambar diatas. 
Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghindari penggunaan sniffing tool oleh orang lain. Salah satu cara yang dapat kita gunakan adalah dengan menambah sistem keamanan jaringan kita. Sebagai contoh dengan mengubah HTTP menjadi HTTPS. Dengan HTTPS dapat mengenkripsi data yang kita miliki dengan menggunakan AES atau yang lebih tinggi lagi. Semakin tinggi enkripsi data yang kita miliki, sniffer akan semakin sulit menyadap paket data yang kita miliki sehingga lebih aman. 
Kesimpulan
Sniffing adalah kegiatan penyadapan pada lintas data di jaringan computer dengan membaca paket IP orang lain dengan menggunakan suatu device. Sniffer adalah sebuah device penyadapan komunikasi jaringan komputer dengan memanfaatkan mode premicious pada ethernet.
Saran
Apabila kalian ingin mencoba untuk melakukan sniffing, lakukan lah dengan bijak jangan sampai membuat kerugian untuk orang lain. Dan kalian juga harus dapat mempertanggung jawabkan segala perbuatan kalian. Ok..



NAMA : Putri Mentari Endraswari
KELAS : D4 TEKNIK INFORMATIKA 3D POLITEKNIK POS INDONESIA
NPM : 1144083

Link GitHub :

Link Plagiarisme :

Link Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar