Selasa, 25 Oktober 2016

Apa Itu Vulnabilities ???

Tugas Keamanan Jaringan



Latar Belakang 
Setelah kita mempelajari Sistem keamanan jaringan, kita akan memahami tentang perlunya Keamanan jaringan pada network kita. Pada hakekatnya Keamanan jaringan adalah suatu cara atau suatu system yang digunakan untuk memberikan proteksi atau perlindungan pada suatu jaringan agar terhindar dari berbagai ancaman dari luar yang mampu merusak jaringan.

ISI :
Pengertian Vulnerability 
Dalam system security komputer, istilah Vulnerability merupakan suatu kelemahan yang memungkinkan seseorang untuk masuk dan mendapatkan hak akses kedalam komputer. Biasanya vulnerability adalah kelemahan yang dikarenakan kesalahan setting ataupun ketidaktahuan administrator. 
vulnerabilities merupakan celah-celah dari sistem keamanan web yang memungkinkan bagi seorang hacker ataupun cracker untuk menembus sistem keamanan dari web tersebut. Keberadaan celah-celah keamanan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk suatu web applikasi yang tidak mengimplementasikan suatu sistem keamanan dalam sistemnya, maka sudah jelas akan meninggalkan celah besar yang bisa dimanfaatkan oleh hacker maupun cracker untuk menembusnya.
Adanya vulnerability kemudian memunculkan upaya-upaya untuk melakuan ekploitasi bagaimana mengetahui vulnerabilitas sebuah sistem komputer. Untuk itulah ada yang disebut dengan Exploit. Dalam hal ini Exploit adalah sebuah kode untuk menyerang keamanan komputer secara spesifik. Exploit banyak digunakan untuk penetrasi baik secara legal ataupun ilegal untuk mencari kelemahan(Vulnerability) pada komputer. 

· Pengertian Exploit
Exploit adalah sebuah kode yang menyerang keamanan komputer secara spesifik Exploit banyak digunakan untuk penentrasi baik secara legal ataupun ilegal untuk mencari kelemahan (Vulnerability) pada komputer . 

· Pengertian Shellcode
Shellcode adalah kode yang digunakan dengan  payload untuk mengeksploitasi komputer target. Biasanya shellcode dibuat untuk dapat mengontrol komputer, ataupun mendapatkan hak akses komputer target.

Pengertian Payload
Payload dalam dunia security yaitu pembawa exploit yang digunakan untuk mengeksekusi shellcode. Payload kemudian akan menjalankan  shellcode yang dipilih pada target komputer untuk mendapatkan akses.

 Tahapan Penetration Testing (Hacking)
Berikut adalah Tahapan tahapan untuk melakukan Hacking, yaitu : 1. Reconnaissance Yaitu tahap seorang Hacker dalam mengumpulkan data sebanyak banyaknya tentang Target/Sasaran. Data apa saja.
Ada banyak definisi seputar apa itu Vulnerability. Salah satunya adalah menurut pengertian ISO 27005 (Standar tentang information security risk management), Vulnerability adalah : A weakness of an asset or group of assets that can be exploited by one or more threats. Definisi lain adalah dari IETF RFC 2828 (Internet Engineering Task Force tenting Internet Security), yaitu “A flaw or weakness in a system’s design, implementation, or operation and management that could be exploited to violate the system’s security policy”. 

KESIMPULAN :
Intinya Vulnerabilty adalah suatu kelemahan yang memungkinkan seseorang untuk masuk dan mendapatkan hak akses kedalam komputer yang dituju (target). Biasanya vulnerability adalah kelemahan yang dikarenakan kesalahan setting ataupun ataupun ketidaktahuan administrator. Istilah ini umumnya mengacu pada berbagai aspek mengenai keamanan sistem komputer.
Sangatlah dianjurkan admin dari sistem jaringan komputer melakukan self checking atas vulnerability sistem yang dikelolanya, hal ini akan menjadi feedback untuk melakukan perbaikan keamanan sistem sebelum orang lain mengetahui dan memanfaatkan untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam hal ini salah satu tantangan terbesar adalah menangani vulnerabilitas yang tersembunyi, yaitu adanya kelemanahan-kelemahan sistem keamanan komputer dari faktor-faktor yang tidak terduga sebelumnya., misalnya yang sering terjadi adalah keterlambatan untuk melakukan upgrade sistem.
Sedangkan untuk suatu web yang sudah memiliki sistem keamanan di dalamnya, celah ini bisa saja muncul karena terlewatnya satu sisi keamanan dari web tersebut yang tidak diperhatikan sebelumnya saat perancangan sistem keamanan, ataupun bisa juga dikarenakan meningkatnya kemampuan seorang hacker ataupun cracker untuk menembus sistem keamanan suatu web.

SARAN :
Belajar yang giat yah… jangan lupa minya doa orang tua yah.. SEMANGAT !!!

Nama : Putri Mentari Endraswari
Kelas : D4 Teknik Informatika 3D
NPM : 1144083
Politeknik Pos Indonesia

Link Plagirisme :

Link GitHub :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar