Rabu, 09 November 2016

SPOOFING AND PHIISNG

LATAR BELAKANG
            Penggunaan internet pada zaman ini sangatlah meningkat, tidak heran banyak tangan iseng yang mempergunakan teknologi seenaknya. Contohnya seperti penggunaan Spoofing dan Phisng oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Spoofing sendiri adalah sebuah proses pemberian alamat palsu kepada korban, sehingga korban akan terjebak dan akan mengikuti alamat palsu tersebut. Sementara Spising adalah suatu metode yang digunakan hacker untuk menghack suatu situs untuk mencari password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login.
PEMBAHASAN SPOOFING
            Spoofing merupakan proses pemberian alamat palsu oleh seseorang kepada korban yang akan menggunakan jaringan internet. Pemberian alamat palsu tersebut bertujuan agar korban dapat terjebak dan mengikuti alamat palsu tersebut.
Jenis-jenis Spoofing ada 2, yaitu :
1. Arp Spoofing
Arp spoofing merupakan cara menipu korban dengan memberikan alamat MAC palsu.
Table arp spoofing :
IP
MAC



2. DNS Spoofing
DNS spoofing adalah cara menipu korban dengan memberikan IP palsu.
Table DNS spoofing :
Domain
IP





 Contoh Spoofing :
Keterangan Gambar :
1.A ingin berkomunikasi ke internet sehingga A harus melewati router R agar bisa menuju internet.
2.A bisa menuju ke router R dengan melihat table-table alamat di A.
3.B ingin menipu A agar tidak sampai ke jaringan internet dengan memberikan table palsu.
4.Sehingga A melihat bale palsu yang dikirimkan oleh B dan mengira B adalah router. Secara otomatis, aliran menuju internet akan terputus, dan akan tersambung ke alamat yang B arahkan.
Cara menangguangi :
1.Tidak menerima table dari siapapun.

2.Membuat table statistic yang tidak dapat dibah-ubah / diupdate.

PEMBAHASAN PHISING
            Phising merupakan suatu metode yang digunakan hacker untuk mencari password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya.
Contoh misalkan pada situs BCA. Situs yang benar adalah : www.klikBCA.com lalu diduplikasi konten website nya oleh hacker di alamat www.clickBCA.com.
Cara menanggulanginya :
1.      Untuk menelusuri sebuah website resmi, kalian perlu memerhatika penggunaan http nya. Untuk website resmi penggunaannya https:
2.      Kalian juga perlu mengecek / melihat sertivikasi http yang terverifikasi secara organisasi. Karena http yang terverifikasi organisasi dapat dikatakan lebih aman dibandingkan dengan http yang terverifikasi domain.
Karena domain lebih gampang dibobol hacker.

KESIMPULAN
Spoofing sendiri adalah sebuah proses pemberian alamat palsu kepada korban, sehingga korban akan terjebak dan akan mengikuti alamat palsu tersebut. Sementara Spising adalah suatu metode yang digunakan hacker untuk menghack suatu situs untuk mencari password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login.

SARAN
Kalian harus berhati-hati dalam menjelajahi jaringan internet dan situs-situs resmi. 
Tetap W A S P A D A !!!

My Identitas :
Nama ; Putri Mentari Endraswari
Kelas : D4 Teknik Informatika 3D Politeknik Pos Indonesia
NPM ; 1144083

My Github :

No Plagiat :

Refferensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar