Rabu, 26 Oktober 2016

Create, Edit, Delete Data Geospasial


Bismillah

LATAR BELAKANG
Di zaman modern seperti sekarang ini, teknologi sudah semakin berkembang, sejalan dengan kebutuhan manusia yang semakin beragam. Dunia perpetaan juga tidak ketinggalan, dengan munculnya aplikasi QGIS dapat dengan mudah mengakses perpetaan diseluruh dunia. Dalam QGIS kita mengenal data spasial yang berisi data vector dan data raster. Dalam kesempatan ini, saya akan membahas mengenai salah satu data spasial, yaitu data vector. Data vektor yaitu bentuk bumi yang diimplementasikan dalam titik, garis dan area. Data Vektor dibagi menjadi Cultural dan Physical yang akan kita bahas lebih jauh lagi.
PEMBAHASAAN
Quantum GIS (QGIS) adalah sebuah aplikasi Geographical Information System (GIS) sumber terbuka dan lintas platform yang dapat dijalankan di sejumlah sistem operasi termasuk Linux.
Data vektor adalah data yang direkam dalam bentuk koordinat titik yang menampilkan, menempatkan dan menyimpan data spasial dengan menggunakan titik, garis atau area (polygon) . Data vektor adalah data yang menampilkan pola keruangan dalam bentuk titik, garis, kurva atau poligon. Data vektor sangat baik untuk merepresentasikan fitur-fitur jaringan jalan, gedung, rel kereta dan letak koordinat.
Dalam data vector, kita akan mengenal shapefile. Shapefile sendiri  adalah format data geospasial yang umum untuk perangkat lunak sistem informasi geografis. Dalam video dibawah juga akan menjelaskan tentang cara menghitung jumlah record yang ada pada QGIS.
Dalam praktek GIS, kalian perlu menginstal Python, QGIS, dan juga dalam video ini saya menjelaskan tentang cara mendownload data Cultural yang ada di website Natural Earth. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat menyaksikan video di bawah ini ;)
  
PENUTUP
a.      Kesimpulan
Dalam praktek mata kuliah Sistem Informasi Geografis kita akan menggunakan aplikasi QGIS, yang berfungsi sebagai sumber terbuka untuk mempelajari tentang GIS dan perpetaan. Kita juga akan mempelajari mengenai data vector dan juga format data geospasial seperti shapefile.

b.      Saran
Kalau mau belajar lebih mendalam tentang materi geospasial kalian bisa membaca buku-buku mengenai data geospasial atau mecari dari sumber-sumber di internet.
Jangan lupa juga selalu berdoa kepada Yang Maha Kuasa, dan meminta restu kepada kedua orang tua, apabila kalian ingin mengerjakan sesuatu.
S E M A N G A T !!!!

 Link Github :

Link Plagiarisme : 

Link Referensi : 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar