Selasa, 11 Oktober 2016

Sistem Informasi Geografi

Hello Guys….
Welcome to my Blog !
Kali ini putri akan membagi informasi yang putri peroleh dari mataperkuliahan SISTEM INFORMASI GEOGRAFI di Politeknik Pos Indonesia.
Pada saat ini sistem informasi geografi kian popular di seluruh dunia. Hal itu terbukti memudahkan kita dalam menyajikan data spesial.
Sebelum kita langsung ke pokok diskusinya, kita harus tau dulu apa itu Sistem informasi? Dan apa itu Geografi?
Jadi…
Sistem Informasi adalah suatu jaringan perangkat keras dan lunak yang dapat menjalankan operasi-operasi untuk menyajikan informasi dari data-data yang diolah sebelumnya.
Sedangkan, Geografi berasal dari gabungan kata Geo dan Grafi. Geo sendiri berarti Bumi, sedangkan Grafi berarti proses penulisan. Jadi Geografi berarti proses penilisan mengenai bumi. Dalam konteks GIS ( Sistem Informasi Geografi), istilah geografi sendiri bereferensi terhadap keruangan.
Jadi, Sistem Informasi Geografi merupakan  sistem informasi yang khusus mengelola data yang memiliki informasi spesial yang bereferensi pada keruangan .
            Pada materi GIS ini, kita akan mempelajari mengenai koordinat.
Apa Sih itu Koordinat????
Koordinat merupakan suatu titik hasil dari perpotongan antara garis lintang dan garis bujur yang menunjukan suatu objek (Objek tersebut bisa orang, barang, jalan, bahkan gedung).
Dalam koordinat ada yang namanya Latitude dan Longitude.
Latitude          : Garis Lintang yang mengarah dari khatulistiwa (0 derajat) ke Kutub Selatan, atau khatulistiwa ke Kutub Utara (0 – 90 derajat dan 0 – (-90) derajat).
Longitude       : Garis Bujur yang merupakan garis horizontal seperti dari khatulistiwa. Sudut 0 derajat (di kota Greenwich) kea rah Hawai (0 – 180 derajat dan 0 – (-180) derajat).




Garis bujur diukur dari 0 derajat di wilayah Greenwich, Inggris.
Kenapa 0 derajar berada di Inggris? Kenapa engga di Indonesia aja :D
Penetapan kota Greenwich sebagai awal perhitungan waktu tidak terlepas dari pengaruh Inggris yang pada saat itu merupakan salah satu kekuatan kolonial Super Power Dunia.
Oleh karena itu, Greenwich di percaya dan disepakati oleh para ilmuan perbintangan (ahli astronomi) sebagai pusat nol derajat sebagai awal perhitungan waktu. Itu mengapa perhitungan waktu dimaksudkan dengan GMT (Greenwich Mean Time). Dan waktu indonesia adalah GMT+7.

PLAGIAT :


JANGAN LUPA JUGA TONTON VIDEO PRESENTASI PUTRI JUGA YAH DI YOUTUBE,, OK ;)



Nama : Putri Mentari Endraswari
Kelas : D4 Teknik Informatika 3D
NPM : 1144083



Tidak ada komentar:

Posting Komentar