Selasa, 18 Oktober 2016

TCP/IP dan OSI Layer

Assalamualaikum kawan-kawan..
Kali ini putri akan membuat blog mengenai Keaman Jaringan, khususnya tentang TCP/IP dan OSI Layer.

LATAR BELAKANG
Di jaman yang makin modern ini, keamanan jaringan memang sangat diperlukana. TCP/IP adalah  singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. TCP/IP merupakan standar komunikasi data yang digunakan untuk dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain pada jaringan Internet. Sedangkan OSI adalah standar komunikasi yang dipergunakan di dalam jaringan komputer. Standar inilah  yang membuat seluruh alat komunikasi saling berkomunikasi melalui jaringan. Model OSI Layer menggambarkan tentang informasi dari software aplikasi pada sebuah komputer yang berpindah melewati  media jaringan pada suatu software aplikasi di komputer lain.
Model OSI Layer secara konseptual terbagi ke dalam 7 lapisan dan masing-masing lapisan memiliki fungsi jaringan yang spesifik. Sedangkan TCP/IP hanya mempunyai 4 layer. Open Systems Interconnection (OSI) dibuat oleh International Organization for Standardization (ISO). Standard ini dikembangkan untuk industri komputer yang bertujuan agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.







OSI
TCP/IP
1.
OSI layer mempunyai 7 layer
TCP/IP hanya mempunyai 4 layer saja.
2.
3 Layer yang paling atas pada OSI layer, yaitu application, presentation, dan session
1 lapisan Layer TCP/IP teratas, yaitu layer application
3.
Layer Network yang terdapat di OSI Layer disebut juga sebagai Layer Internet pada TCP/IP Layer, tetapi fungsi dari keduanya masih tetap sama.
Layer Network Access yang terdapat di TCP/IP menggabungkan fungsi dari 2 layer yaitu Layer DataLink dan Physical yang ada pada OSI Layer.
4.
TCP/IP layer ialah “Protocol Spesific”
OSI Layer ialah “Protocol Independen”

SOLUSI MASALAH
Dalam pengembangan teknologi perlu digunakannya TCP/IP karena ada beberapa keunggulan yang didapat, seperti :
1.      Merupakan standard keamanan jaringan yang sudah matang dan stabil.
2.      Kebanyakan riset yang sedang berjalan maupun yang sudah ada melibatkan technology yang menggunakan protokol TCP IP.
3.      TCP/IP yaitu merupakan protokol suite yang dipakai di Internet
4.      TCP/IP menawarkan Kemudahan teknology

KESIMPULAN DAN SARAN
Protokol TCP IP adalah protokol yang paling banyak dipakai pada jaringan komputer dimana pun.
Tujuan yang utama dalam penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan dalam memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Jadi, Kedua model tersebut bertujuan untuk melakukan standarisasi pengggunaan jaringan.
Harus belajar lebih giat lagi untuk dapat memahami lebih lanjut mengenai TCP/IP dan OSI Layer.



 link plagiarisme :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar